Canda Tawa di KRL


 
Ada segudang cara menyampaikan kritik sosial. Tak melulu musti disampaikan dengan serius. Cukup lewat sindiran yang santai dan mengundang tawa. Seperti halnya komik KRL (komik rada lucu) yang  menggelitik, unik, dan bikin ngakak.
 
Komik garapan Eko S Bimantara ini coba melihat dari sudut pandang sarkas atas kenekadan para pengumpang kereta listrik di Jabodetabek. Eko menjuduli komik kecil ini “Di Atas Lega Bertaruh Nyawa’. Pesannya sudah jelas: kampanye bahaya naik kereta di atas atap yang dibalut humor. Setiap kisah dalam komik ini diselesaikan dalam empat panel.

Selain kisah berlatar kereta listrik, ada juga soal televisi, keluarga dan seputar kehidupan sehari-hari yang disampaikan dengan menghibur.
 
Seperti dikatakan dalam pengantar komik ini, “Harapannya komik ini bisa memberikan kontribusi lewat bahasa komik untuk kita semua.”
 
Oya, sekadar catatan, Eko sebelumnya menerbitkan komik serupa berjudul Guru Berdiri Murid Berlari yang menyoal kritik pada dunia pendidikan di Indonesia. Buku ini direspon bagus oleh para penggemar komik dan di luar penggemar, alias laris.

Penasaran dengan KRL? Simak ya Kompilasi KRL yang diterbitkan oleh Gradien Mediatama.