Asyiknya Main Rubik: Asah Memori dan Adu Cepat di Gramedia Matraman

Masih dalam rangkaian promo buku Jago Bermain Rubik, kali ini Chuck (Wicaksono Adi) penulis sekaligus pemenang World Record #2 Multiple Blindfolded didapuk menebarkan semangat bermain Rubik di Gramedia Matraman, Jakarta, sore lalu (Selasa, 21/12/09). Untuk memperkenalkan permainan edukatif ini, Chuck membuka dengan atraksi adu cepat main Rubik dengan tutup mata lengkap dengan alat timer. Inilah seni bermain Rubik tingkat tinggi; bukan sulap, bukan sihir, tapi mengandalkan kemampuan mengingat dan perhitungan ‘matematis.’

Sebagai pemanasan talkshow, Chuck dan teman-teman komunitas Rubik Jakarta berkeliling untuk memperlihatkan cara menyelesaikan permainan ‘kotak ajaib’ ini dengan cepat pada pengunjung toko buku terbesar di Asia Tenggara itu.

Nah, berbagai metode eksekusi, diantaranya memakai penyelesaian lapis demi lapis, dipaparkan mahasiswa Teknologi Pertanian UGM ini dalam talkshow yang banyak dikunjungi anak muda dan orangtua. Chuck juga menjelaskan soal algoritma. “Algoritma tidak serumit yang kita bayangkan,” ujar Chuck. Lanjutnya, algoritma adalah susunan gerakan yang perlu dilakukan untuk membuat efek tertentu pada Rubik tanpa merubah urutan yang telah kita susun.

Beberapa penonton juga diajak menyelesaikan Rubik yang telah diacak. Memang bukan soal mudah menyamakan semua sisi dengan warna yang diinginkan. Untuk menyelesaikan Rubik, memang butuh formula khusus dan Chuck membeberkan rahasia ini dalam buku terbitan Gradien. Sekadar catatan dalam seminggu buku ini langsung masuk dalam daftar buku laris di Jabodetabek. Menurut Chuck, tren Rubik memang kembali menggema di kalangan anak muda.

Menurut pengakuan para anggota Rubik Club Jakarta, mereka rata-rata belajar Rubik dalam hitungan jam hingga hari.

Ingin main Rubik dengan asyik tanpa pusing? Simak langkah-langkahnya dalam buku Jago Bermain Rubik.




 


Share|
 
lihat juga  http://www.youtube.com/user/WicakTP04#g/u

 


BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS