Langkah Jitu Bermain Rubik dengan Mata Tertutup

Jago Main Rubik dengan Mata TertutupBermain rubik dengan cara tutup mata adalah permainan rubik yang paling ekstrem. Permainan yang dikenal dengan Blindfolded atau BLD ini merupakan tingkat tertinggi dalam bermain rubik. Permainan ini banyak mengandalkan ingatan. Bahkan, dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli, bermain BLD dapat meningkatkan kemampuan spasial dan  penyeimbang kemampuan visual dan perseptual.

 

Untuk bisa sampai kepada tingkat permainan ini, ada banyak metode yang bisa dipelajari. Menurut Priza Razunip, dalam buku barunya Jago Main Rubik dengan Mata Tertutup, ada tahapan yang bernama memorisasi. Memorisasi merupakan tahap saat Anda harus menghafalkan kondisi dan posisi rubik sebelum menempatkan piece-piece yang salah ke tempat yang benar. Tahapan memorisasi ini memiliki banyak metode, seperti visual, letter based, image based, dan person, activity, object (PAO).


Menurut Priza, metode visual merupakan metode yang paling sederhana dan paling cepat. Lewat metode ini, Anda hanya perlu mengingat urutan lokasi piece yang akan menjadi target tembak sesuai urutannya. Ia, menambahkan, dibutuhkan waktu yang sangat lama dan latihan yang banyak untuk melatih tingkat akurasi.

Apabila Anda tertarik belajar BLD, buku ini merupakan media yang tepat. Pasalnya, banyak hal yang dibahas baik secara teori maupun praktik, lengkap dengan panduan gambar. Buku terbitan Gradien ini membahas semua hal, di antaranya:

1. memulai blindfolded (BLD),
2. tiga langkah mudah menyelesaikan rubik dengan mata tertutup,
3. panduan metode gabungan M2-Pochmann,
4. panduan metode gabungan M2-R2/U2, dan
5. panduan metode turbo.

Jadi bermain rubik dengan mata tertutup itu bukan magic. Permainan ini bisa dipelajari siapa saja yang mau berlatih dan mempraktikkan langkah-langkah dalam buku ini. Buku ini berbonus contoh penyelesain BLD dengan berbagai metode. Seperti kata Arnold, Ketua Nusantara Speedcubing Association, buku ini akan memberikan kontribusi bagi kemajuan dunia cubing di tanah air serta mampu melahirkan banyak  BLD solver baru yang berprestasi. Gimana, kamu mau?


Ayo, mainkan rubikmu dengan tutup mata!


BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS