Melatih Koordinasi, Logika, Memori, dan Emosi dengan Rubrik

 
Rahasia Permainan Rubik dari Sang Master
 
Ingin tahu rahasia permainan Rubik dengan kecepatan tinggi? Berikut hasil wawancara dengan salah satu master Rubik Indonesia, Wicaksono Adi. Ia berhasil meraih World Record #2 Multiple Blindfolded in 1 hour pada pada Rubik’s Cube Indonesian Open 2009. Chuck, panggilan Wicaksono Adi, telah merilis buku Tip & Trik Jago Main Rubik. Buku terbitan Gradien ini sedang meluncur ke toko-toko buku. 

Anda mulai mengenal Rubik pada Mei 2009, dalam waktu cepat sudah bisa masuk kejuaraan dunia. Apa rahasianya?
 
Betul, saya mempelajari Blindfolded sejak akhir Mei 2009. Ketika itu baru 2 bulan saya bisa menyelesaikan Rubik   dengan mata terbuka. Rahasianya terletak pada kesungguhan serta kesediaan untuk belajar dari kesalahan. Kesungguhan akan lahir dari kecintaan kita terhadap permainan ini. Hanya kebetulan saja saya memang senang menghapal sejak kecil, maka Blindfolded yang sangat erat kaitannya dengan menghapal pun sangat saya nikmati.
 
Butuh waktu berapa lama jika ingin bisa main Rubik secara otodidak?
 
Jika mempelajari Rubik  secara otodidak, biasanya dalam waktu sehari sampai seminggu Anda sudah bisa menyelesaikannya. Ini tergantung pada kemampuan Anda menyerap hal baru dan seberapa mudah penjelasan yang diberikan oleh sumber belajar Anda.

Apa yang bisa didapat dari permainan Rubik ini?

Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif, melatih koordinasi otak-mata-tangan, mengasah logika, memori, dan kestabilan emosi. Dan jika Anda ahli dalam permainan ini, beragam rekor dan penghargaan/hadiah akan menanti Anda. Namun di atas semua itu, kita bisa mendapatkan persahabatan dengan teman-teman sehobi dalam komunitas Rubik  . Menurut saya itu jauh lebih bernilai daripada yang lain.

Apa kunci dan rumus spesial dari permainan Rubik ?

Kunci dari permainan Rubik  yang cepat adalah "look ahead" dan "fingertrick". Look ahead adalah kemampuan melihat langkah berikutnya saat kita masih menyelesaikan sebuah langkah. Sementara fingertick adalah mengoptimalkan penggunaan setiap jari kita dalam memutar Rubik.

Butuh berapa waktu Anda bisa menyelesaikan permainan Rubik tanpa tutup mata dan dengan BLD (blindfolded solving)?

Saya menguasai metode menyelesaikan Rubik   dengan mata terbuka dalam 4 jam. Sementara saya menguasai Blindfolded dalam waktu 5 hari, dan butuh 2 minggu lagi untuk bisa melakukan Multiple Blindfolded (menyelesaikan Rubik   lebih dari satu dengan mata tertutup).

Dalam BLD, bagaimana cara membedakan warna satu sama lain dengan mata tertutup?

Dalam Blindfolded, ada waktu yang diberikan untuk melakukan memorisasi pada Rubik  , sebelum akhirnya kita menutup mata. Pada saat memorisasi itulah kita menghapalkan kondisi Rubik   yang warnanya teracak-acak. Setelah itu, barulah kita menutup mata dan hanya bertumpu pada ingatan kita terhadap warna-warna tersebut.

Bisakah orang buta warna menyelesaikan permainan Rubik ?

Bisa. Jika Anda mengalami buta warna namun tetap bisa membedakan antara satu warna dengan warna yang lain, maka ya, Anda bisa memainkan Rubik  . Didik Danardono, salah satu pendahulu permainan ini di Indonesia, adalah seorang buta warna dan dia memiliki kecepatan penyelesaian di bawah 20 detik rata-rata.

Di Indonesia, apakah permainan Rubik ini sudah memasyarakat?

Tidak pernah ada kata cukup untuk menjawab apakah Rubik   sudah cukup memasyarakat, namun bisa saya katakan bahwa perkembangan aktivitas Rubik   di Indonesia benar-benar mengagumkan dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini. Hampir di setiap sekolah, kampus, dan kantor kita pasti bisa menemukan setidaknya ada beberapa orang yang memainkan permainan ini. Dan seperti yang kita tahu, ketertarikan pada Rubik  dapat menyebar dengan sangat mudah bagaikan virus. Dalam satu tahun ini, telah terjual kurang lebih 10 juta Rubik  dengan berbagai merk hanya di Indonesia saja.

Boleh tahu, apa saja bocoran dalam buku Anda, Tip & Trik Jago Main Rubik  ?

Dalam buku ini, saya memberikan panduan menyelesaikan Rubik  untuk pemula, jenis-jenis Rubik  dan perawatannya, metode-metode untuk menjadi cepat, panduan menyelesaikan Rubik  dengan mata tertutup, dan kumpulan komik lucu tentang Rubik   yang dibuat oleh rekan saya. Jika Anda membeli buku Tip & Trik Jago Main Rubik, Anda tidak akan butuh buku lain lagi untuk bisa jago dalam permainan ini. Nantikan buku saya berikutnya untuk menyelesaikan Rubik   yang memiliki dimensi kubus lebih besar (abe).


Share|
 
lihat juga  http://www.youtube.com/user/WicakTP04#g/u

 


BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS