100 Ide Menuju Tim yang Solid dan Berkualitas

Kiranya ada tiga karakteristik standar yang dibutuhkan untuk membangun sebuah tim yang baik. Pertama, ada kesadaran pada kesatuan di atas tiap individu. Kedua, adanya hubungan interpersonal yang berkaitan dengan  kontribusi, aktivitas belajar,dan kerjasama.  Ketiga, seorang anggota tim harus memiliki kecakapan melakukan kerjasama untuk sebuah tujuan.

Karakter lainnya yang sering kali disebut adalah, seperti sumbangan ide dan pemecahan masalah, mendengar dan membagi informasi, partisipasi penuh dan menjaga komitmen, fleksibel dan saling menghormati rekan kerja, dan senang-peduli terhadap tim dan hasilnya.

Ada sebuah kesimpulan sederhana dari Edwin Lee, seorang pakar managemen dari sebuah esai yang ditulis dalam situs http://www.elew.com/lifecycl.htm. Menurutnya, sebuah keefektifan yang tinggi dari tim yang solid adalah sebuah proses yang dinamis. Manajemen bisnis akan sangat bermanfaat ketika pelaksana menghormati nilai-nilai dari proses dan kerja yang dinamis.

Uupss..mungkin terlalu abstrak ya sekilas info di atas? Oke langsung pada pertanyaannya ini, dari mana mulai merancang sebuah tim yang bagus dan solid?

Komunikasi yang efektif dan terbuka adalah salah satu sarat membangun sebuah tim yang solid. Tim bukan hanya sebuah grup. Bedakan antara grup, tim, dan tim yang bagus. Nah, sebuah tim adalah organisasi yang terus menjadi dan bergerak untuk menggapai tujuan dan sebuah target.

Ada banyak cara untuk melatih terbentuknya tim kokoh dan berkualitas. Semisal lewat pelatihan manajemen, acara gathering, kegiatan outbond, ataupun aktivitas permainan. Dalam buku 100 Game Kreatif yang ditulis Sya’ban Jamil dan Taufik Hidayanto, trainer dan praktisi pengembangan SDM, menunjukan beraneka ragam permainan dan acara yang bertujuan untuk mendongkrak kekompakan teamwork, komunikasi, kreativitas, konsentrasi, ataupun strategi.

Sya’ban dan Taufik membagi buku ini menjadi tiga tema: perkenalan, perlombaan, dan selingan. Tujuan permainan dalam bagian perkenalan adalah untuk mengembangkan interaksi yang akrab dan intens antara anggota tim. Lalu, tujuan dari perlombaan adalah meningkatkan skill komunikasi, penyusunan strategi, dan kerja sama tim.

Buku ini tidak saja cocok dibaca para manajer ataupun trainer. Untuk karyawan, buku ini bisa membukakan wawasan tentang kekompakan dan nilai-nilai positif baik secara pribadi ataupun teamwork. Nah, buku ini juga bisa membangun motivasi dan spirit antaranggota dalam tim.

Pelatihan bernuansa permainan ini membutuhkan waktu antara 15 hingga 60 menit untuk satu jenis game. Semisal permainan batu pijakan yang bertujuan untuk kekompakan dan kemampuan komunikasi. Dalam buku ini ditemukan banyak permainan dengan ragam nama yang lucu:sarung hantu, celana goyang, sate donat, pesta balon, ular sendok, dan masih banyak lagi.

Buku 100 Game Kreatif diterbitkan oleh Gradien Mediatama. Selamat membentuk tim yang efektif dan kokoh!

 

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela