Aksi Simpati untuk Minat Baca Rakyat

 
Jakarta, 16 Mei 2008

Menurunnya angka minat baca dikalangan masyarakat menengah bawah membuat prihatin sejumlah pekerja di dunia perbukuan yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Untuk menggalang simpati masyarakat akan pentingnya minat membaca, maka digelarlah aksi simpati di bunderan Hotel Indonesia, Jakarta.

Aksi ini kurang lebih didukung oleh 400 massa. Massa tersebut mewakili para pekerja buku; terdiri dari 70 penerbit, 50 penulis, mahasiswa UI dan Universitas Trisakti, dan akademisi. Dalam aksi simpati itu masa membagi-bagikan 14.000 stiker dan 2000 pulpen yang berisi ajakan untuk menggairahkan minat baca. Sebagian besar massa mengenakan T Shirt putih bertuliskan Aku bisa, Karena Aku Baca. Aksi digelar sekitar pukul delapan pagi tadi.

Aksi simpati ini digelar tepat sehari sebelum Hari Buku Nasional, yang jatuh 17 Mei. Selain aksi simpati, ada sejumlah kegiatan, yaitu sumbang buku untuk taman bacaan masyarakat dan bengkel penulisan untuk pelajar dan mahasiswa. Ditargetkan bengkel penulisan ini akan melibatkan 300 peserta.
 

booktalk jakbook festival