Awas! Anak Kos Dodol Dikomikin

 
Masih ingat kan dengan buku gokil Anak Kos Dodol bikinan Dewi ‘dedew’ Rieka? Jangan kaget bila buku ini baru diadaptasi ke dalam bahasa komik. Ilustrasi komik digarap super menarik oleh K.Jati, seorang seniman komik asal Jogjakarta. Jadi bagi para pemburu komik silakan segera hampiri rak-rak buku komik di toko buku terdekat. Nggak bakal nyesel, karena kamu langsung berhadapan dengan visualisasi gambar yang lebih hidup.

 

Oya, lama pembuatan ilustrasi komik Anak Kos Dodol Dikomikin ini dibuat K. Jati memakan waktu enam bulan. “Nggambarnya si cepat, tapi mikirnya yang lama,” tulis Jati via email.

 

Bagaimana dengan soal riset? Begini jawaban Jati. Risetnya sih sebentar saja, yang penting to the point. Saya cari yang saya butuhkan, misalnya foto-foto kos-kosan; karakter orang-orangnya; dan detil-detil yang mengasyikkan. Dan yang penting, tanya sama perawinya (Cuma tiga yang bisa saya tanyai).

 

Jati mengaku soal tenggat (deadline) menjadi kendala. “Soalnya saya menggambar sendiri, meskipun ada banyak bantuan di aspek lain,” ujar memilik blog beralamat di www.kjati.multiply.com.

 

Lalu apa bedanya dengan buku teks AKD sebelumnya? Tentu saja beda. Terutama dari soal sajian visualisasi gambar dengan style manga yang kuat. Menurut K.Jati, karakter manga lebih enak diterima pasar pembaca komik.

Bagi yang telah membaca AKD, dari sisi konten cerita akan lebih terhibur dan bisa mengenali lokasi karakter penghuni kos-kosan dan lingkungan. Pendeknya, langsung bisa lihat cewek-cewek mahasiswa bersama tingkahnya yang gokil.

Dari komik ini kita pun bisa menyimak kultur dan kondisi sosial anak kos-kosan. Seperti kebiasaan-kebiasaan saat bokek, pas nekat liat film bokep, pas mencoba dugem, pas ada hantu, ada yang ulang tahun, dan lain sebagainya.

Buku ini tidak saja menarik bagi para penggemar Anak Kos Dodol. Tetapi menarik pula bagi para mantan anak kos-kos, yang sedang ngekos, yang sedang kerja, dan yang suka bengong.

Anak Kos Dodol Dikomikin? Aah! Masa Seeh? Nggak mungkin. Apa? Demikian bebunyian dari para pengagum tulisan AKD-nya Dewi Rieka. Buruan sambar komiknya di rak toko buku terdekat di kotamu.

booktalk jakbook festival