Cerita Jayus Anak Kos Gokil

 


 

Dunia kos-kosan menyimpan sejuta cerita, baik kisah horor, sedih, ataupun yang membuat tertawa. Yudhi Herwibowo, kembali menyapa penggemar cerita kocak dengan judul buku terbarunya Gokil van Ngekos. Ya, ternyata, guyonan berlatar kos-kosan tidak ada matinya. Ada saja yang bakal membuat kamu ngakak.

 

Masih dengan nuansa indekos Eltoros, Yudhi memulai ceritanya dengan mengidentifikasi PKG alias Penghuni Kos Gelap yang memiliki 5 ciri:

 

1.      SKSD, sok kenal sok demen.

Kalau dateng, orangnya belum keliatan cengirannya sudah terasa. Hehe..

 

2.      Menjadi salah satu teman akrab penghuni lainnya.

Itu awalnya, hanya berselang beberapa hari, dengan anak lainnya juga jadi akrab. Minta rokok, minta dibeliin baso, minta dipijetin juga…

 

3.      Sering disangka kos di situ.

Karena kamarnya banyak, jejaknya ada di mana-mana, dan nongol di mana-mana.

 

4.      Orangnya pasti bobonya cepet dan mudah beradaptasi.

Dia biasa bobo dengan cepet, dan bobo di kamar mana aja. Asal ada celah, pasti udah ngelosor di situ dan zzzzz….

 

5.      Punya bantal sendiri.

Biasanya sengaja udah diilerin, biar gak dipakai orang lain. Bantal ini dijamin baooonya uapeek banget, karena gak pernah dicuci ato dijemur.

 

Nah, di kos Eltorros ada tiga manusia PKG: Mas Genjik, Fun, dan Mas Oto.  Mas Genjik dikenal sebagai pria metroseksual, Fun memiliki saraf tawa yang tipis alias suka tertawa terus, dan Mas Oto, pria yang menjadi tokoh utama dalam buku ini.

 

Satu ceritanya yang berkadar biasa adalah saat dia membantu temannya ngejaga pameran lukisan. Waktu itu katanya, ada seorang ibu-ibu yang kelihatan reseh banget. Waktu dia mengamati sebuah lukisan abstrak, dia langsung bertanya sinis pada Mas Oto, “Jadi cuma begini ya, lukisan abstrak yang katanya bisa laku jutaan rupiah?”

 

Waktu itu Mas Oto cuma bisa nyengir ramah, “Bukan, Bu. Itu namanya cermin, yang lukisan ada di sebelah sana…”

 

GEDEBOG!

 

Kisah-kisah lain yang berkadar tawa lebih tinggi bisa kamu simak langsung di buku Gokil van Ngekos. Buku ber-tagline cerita jayus anak kos gokil ini diterbitkan oleh Gradien Mediatama. Ayo, bagi para penghuni kos-kosan, mantan pengekos, atau yang pengin ngekos telusuri kisah-kisah gokil dalam buku ini.

 

Share|

 

 

booktalk jakbook festival