Dua Sahabat Pencari Kebahagiaan

Kehidupan itu memang terlalu indah untuk disia-siakan. Banyak hal bisa kita lakukan untuk membuatnya penuh warna. Salah satunya adalah dengan memberikan kebahagiaan kepada orang-orang yang ada di sekitar kita.

Arul dan Amar adalah dua sahabat, dua cita-cita, serta dua tantangan yang berbeda. Namun, mereka saling mengisi, melengkapi, dan saling mendukung satu sama lain.

Di sini, di pulau Bawean, mereka mencoba menaklukan tantangan masing-masing. Sebagai pengajar, Arul bertekad memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak di sana. Sedangkan Amar yang pernah bercita-cita mendaki gunung, menjadi pebisnis-petualang.

Kedua sahabat ini memiliki semangat dan keyakinan yang begitu tinggi. Mereka pun begitu optimis dan ceria menghadapi kehidupan. Itulah mereka. Meski demikian, bukan berarti mereka tidak pernah merasakan sulitnya sebuah masalah dan kegetiran.

Di Bawean, Arul harus menghadapi satu-satunya wanita yang menjadi pengajar di sebuah TPA. Hirzi, nama wanita itu, merupakan guru yang ditakuti murid-muridnya. Arul harus mencari cara untuk mengubah pola belajar dan mengajar yang ada di TPA itu.

Sedangkan Amar, harus bisa masuk ke dalam lingkungan warga pesisir pantai itu. Ia harus mampu memberikan pemahaman kepada mereka agar mereka mau menjadi masyarakat yang maju.

Arul dan Amar memang bukanlah orang-orang yang memiliki kekuatan super. Namun mereka memiliki satu keyakinan: pahlawan yang hebat adalah mereka yang terus berjuang walaupun tak punya kekuatan hebat.

Kisah Arul dan Amar yang terangkum dalam novel Pemburu Rembulan karya Arul Chandrana begitu kaya akan nilai edukasi dan budaya. Tokoh Arul membuka mata kita bahwa untuk mendidik anak tidak harus berbekal penggaris di dalam genggaman. Ia mengajak kita untuk mencari cara lain yang bisa lebih dipahami oleh anak dalam belajar.

Mereka pun menyadarkan kita, betapa penting sebuah kemajuan tanpa harus mengorbankan budaya asli yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Tidak hanya itu, novel terbitan Gradien Mediatama ini juga penuh dengan motivasi. Membuat kita yang membaca bersemangat untuk terus optimis dalam menghadapi cobaan dan tantangan yang datang.

Belum lagi kisah cinta yang penuh perasaan. Tidak hanya membuat hati kita hangat, tetapi juga mampu membuat kita terkikik dengan dialog-dialog ringan nan menghibur. Itulah kisah para pencari kebahagiaan. Kisah yang menarik, menyenangkan, dan penuh keakraban.
 

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela