Keunggulan Ayam dan 100 Menu Masakan Ayam

Kalau soal ayam, saya lebih memilih ayam kampung ketimbang ayam negeri (broiler). Walau dagingnya kurang tebal, namun rasanya lebih gurih dan cenderung lebih sehat. Namun, bila terlanjur kepepet kelaparan di jalan, ayam jenis apapun di restoran cepat saji langsung saya sikat.

Nah, kalau soal memilih ayam mana yang bagus untuk dipotong, Dra Ch. Didit Setyawati ahlinya. Menurut editor ahli dan dosen boga ini, ayam yang sehat biasanya mempunyai mata yang jernih. Selain itu ada beberapa tanda lagi, seperti mulut tidak berlendir, kaki bersih, dan bulu mengilat. Ayam yang besar belum tentu banyak daging-nya. Tekan dada ayam, kalau terasa gemuk dan padat berarti banyak dagingnya. Demikian papar penulis buku masakan dalam bukunya 100 Menu Masakan Ayam.

Dalam buku ini juga disebutkan keunggulan-keunggulan dari ayam. Misalnya, ceker ayam dipercaya mengandung asam amino dan zat kapur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Kulit ayam dan tulang lunaknya mengandung chondroitin 4-sulfate sebagai bagian terpenting dari jaringan ikat elastis untuk kekenyalan kulit dan mengurangi keriput. Sayap ayam mempunyai rasa yang lebih gurih dan mengandung sedikit lemak. Secara seluruhan ayam lebih mudah dicerna karena serabut dagingnya lebih pendek dan dagingnya tidak terjalin lemak.

Keunggulan ayam diatas dikutip dari sampul belakang buku 100 Menu Masakan Ayam. Yang menarik dari buku ini adalah memuat banyak ragam menu olahan ayam dari seantero negeri. Menu-menu dalam buku ini diklasifikasikan sebagai berikut: ayam goreng multirasa, kreasi ayam panggang dan bakar, spesial olahan paha, sayap, ceker, dan kulit ayam, dan olahan ayam kreatif. Semuanya berjumlah 100 hidangan menu yang bisa menjadi alternatif  untuk lidah kita. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela