Mendongkrak Kesuksesan UKM Lewat Internet

 
Tidak perlu merasa canggung, takut, atau malah merasa gaptek untuk memanfaatkan internet. Terutama bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM), yang masih awam soal internet. Lihatlah kesuksesan produk Batavia Knives, sebuah usaha pembuatan pisau etnik, baru dua tahun berjalan telah memiliki tiga outlet di Jakarta dan di Kuta, Bali. Bahkan dalam waktu dekat, Aminullah pemilik usaha ini akan membuka di Aljazair untuk pasar Afrika. Ini semua berkat kerja keras dan memanfaatkan medium internet. (Kontan, Senin, 23 Juni 2008).

Lalu media apa saja yang bisa digunakan untuk pemasarkan produk dan jasa Usaha Kecil Menengah? Dari yang paling sederhana seperti email, room chatting, blog yang murah, hingga website biaya perawatan yang relatif lebih mahal bisa digunakan untuk mengenalkan produk dan jasa ke ruang publik secara luas. Minimal sebuah UKM memiliki email untuk mempermudah komunikasi antar pelanggan ataupun relasi lainnya. Terlebih lagi bila suatu UKM memanfaatkan media blog, ini artinya jangkauan pemasarannya akan lebih luas dan mudah dikenal.

Ada sebuah buku berjudul Internet Sederhana Untuk UKM yang ditulis Bunafit Nugroho. Buku ini berisi ajakan para pelaku UKM yang masih awam internet untuk bersegera memanfaatkan internet. Buku ini dibuka dengan pengenalan internet dan aneka kebutuhan untuk pengguna internet. Tak hanya itu buku ini juga memandu langkah demi langkah cara terhubung dengan koneksi internet, membuat email, berkirim file dan foto produk dengan media chatting, mendesain tampilan blog untuk promosi, cara membuat tabel harga dan produk, dan mempromosikan blog lewat Google dan Yahoo!

Nah, bila UKM Anda ingin Go International, manfaatkan medium internet dan optimalkan kemampuan dalam menguasai pengetahuan berinternet. Buku Internet Sederhana untuk UKM yang diterbitkan Gradien Mediatama ini akan memandu UKM Anda agar lebih dikenal luas.

 

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela