Menelusuri Rahasia Otak Tengah

Masih banyak potensi luar biasa di dalam otak manusia yang belum dioptimalkan dan dimanfaatkan. Semisal, adanya temuan otak tengah yang memberikan petunjuk nyata bahwa otak manusia sungguh luar biasa hebat.
Temuan itu membuat para ahli medis dan psikolog terperanjat pada otak tengah, tak terkecuali orangtua.

Secara umum, otak tengah memiliki fungsi dalam kesadaran, sistem refleks, sistem pendengaran, sistem penglihatan, dan pergerakan. Selain itu, otak tengah juga berperan sebagai jembatan antara otak kiri dan kanan. Tentang fungsi, struktur, dan perkembangan otak tengah dibedah lebih dalam pada buku Ada Apa dengan Otak Tengah. Lebih dalam, buku yang ditulis Nia Haryanto ini mengungkapkan rahasia di balik kehebatan otak tengah.

Pada bagian awal, ibu rumah tangga lulusan departemen Biologi ITB ini membuka tulisannya dengan pengenalan pada organ otak, macam-macam gelombang otak, aktivasi otak tengah, dan ditutup dengan cara merawat otak tengah.

Yang menarik buku terbitan Gradien ini memberikan permainan yang merangsang otak yang berguna untuk melatih konsentrasi dan mempertajam memori anak. Bonus ini disertakan dalam buku dalam bentuk kartu senam bola mata yang berguna untuk melatih gerakan mata dan mengaktifkan otak tengah.

Belakangan ini perihal organ yang bernama otak tengah memang banyak diperbincangan orangtua. Siapa sih yang tidak ingin otak tengah buah hati aktif tepat pada waktunya. Maka orangtua pun ramai-ramai mendatangi lembaga pendidikan dan seminar yang memfasilitasi aktivasi otak tengah. Nah, buku ini bisa menjadi referensi tambahan guna menambah wawasan orangtua baik secara teoritik maupun praktik.

Organ ‘ajaib’ yang tepat berada di tengah itu memang memuat banyak potensi untuk kehidupan manusia. Ayo, kita telusuri rahasia di balik otak tengah lebih dalam dan manfaatkan kegunaannya.
 

booktalk jakbook festival