Mengembangkan Aneka Permainan Kreatif

 
 
Menurut Johan Huizinga, manusia adalah mahluk bermain. Lewat permainan manusia menciptakan kebudayaan. Maka tidak salah bila ada yang menyebut bermain itu sifat dasar manusia. Namun terkadang ada pula yang masih mengira bahwa bermain hanya berlaku bagi anak-anak. Orang dewasa tidak perlu lagi bermain-main. Betulkah?
 
Bermain-main sebenarnya tidak mengenal batas usia. Memang pada masa anak-anak, bermain-main menjadi hal yang wajib. Hal ini terkait banyak alasan. Misalnya untuk mengembangkan saraf motorik, kecerdasan, kebersamaan, dan keterampilan. Bagaimana dengan orang dewasa? Permainan untuk orang dewasa tetaplah perlu. Selain untuk tujuan bersenang-senang, lewat permainan—khususnya yang melibatkan orang banyak—bisa menambah keakraban.

Dalam acara-acara gathering, seminar, workshop, outbound, atau acara-acara tertentu di kantor misalnya, biasanya aspek permainan turut dilibatkan. Tujuannya pun bermacam-macam, dari membangun kreativitas, team building, kebersamaan, hingga kekompakan.

 
Dengan peralatan seadanya kita bisa membangun sebuah permainan. Contohnya, teman-teman di sebuah lembaga swadaya masyarakat di Siberut, pernah membuat sebuah rakit kecil dari kayu dan ranting-ranting pohon yang diambil di sekitar pantai. Di sana kekompakan individu dan tim bisa dinilai. Permainan membuat rakit di pinggir pantai ini tentu dilakukan dengan bersenang-senang. Usai rakit kecil itu mengapung dan jadi, tim pun beramai-ramai menaiki rakit itu.

Permainan membuat rakit di pantai itu hanya sebuah contoh. Sebenarnya masih banyak permainan yang bisa untuk membangun tim yang solid. Nah, bila masih bingung permainan apa saja yang harus dilakukan, berikut referensi super lengkap yang di susun Hendri Bun berjudul 300 Game Kreatif. Seperti yang disebutkan dalam blurb di sampul belakang, permainan dalam buku ini dibagi tiga bagian: perkenalan, energizer, dan perlombaan.

Hendri Bun berharap sebagaimana ditulis pada kata pengantar, melalui permainan keceriaan, membangkitkan motivasi, berkeringat, dan mengembalikan kita sebagai mahluk bermain.

Selain itu, melalui koleksi 300 permainan yang ada, Anda tentu tidak akan kehabisan ide dan permainan bukan? 300 Game Kreatif diterbitkan oleh Gradien Mediatama. Dan buku ini bisa ditujukan untuk siapa saja. Ayo bermain!
 

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela