Mengenali Dasar-dasar Bermain Rubik

 
Ada banyak metode untuk menyelesaikan permainan Rubik. Salah satunya dengan cara tutup mata. Diperlukan kekuatan memori, intuisi, dan latihan untuk merampungkan permainan ‘kotak ajaib’ ini. Wicaksono Adi adalah pemegang peringkat kedua juara dunia di Rubik’s Cube Multiple Blindfolded (BLD). Ia menuliskan dasar-dasar bermain Rubik gaya tutup mata di buku Tip dan Trik Jago Main Rubik.
 
Pada kompetisi Internasional tahun 2009, lalu Wicaksono Adi berhasil menyelesaikan 11 Rubik dalam waktu 55:10 dengan mata tertutup. Sementara peringkat satu Tong Jiang dari China dengan 15 Rubik dalam waktu 52:01. Perlu diketahui, BLD merupakan seni tertinggi dalam bermain Rubik dengan tutup mata.

Untuk mencapai tahap BLD perlu berlatih speedcubing, mengenali metode dasar seperti menyelesaikan lapis demi lapis (layer by layer), mengefisienkan gerakan, dan kemampuan memori.

Permainan temuan Prof. Erno Rubik ini selain mengajak kita bermain juga mengasah logika dan konsentrasi serta emosi. Menurut Wicaksono Adi, faktor psikologi sangat berpengaruh sukses tidaknya seorang menyelesaikan permainan Rubik. Ia menyarankan tetap rileks, namun tidak boleh lengah saat bermain Rubik.

Untuk mengasah permainan dan memperluas pergaulan baik lokal maupun internasional, Anda bisa juga bergabung dengan komunitas-komunitas. Dengan begitu Anda bisa berbagi dan terdorong untuk bisa bermain Rubik dengan lebih andal.

Sementara kecepatan gerak reflek tangan tercipta dengan latihan yang teratur. Buku ini ditujukan untuk pemula yang ingin mengenali dasar-dasar bermain Rubrik dengan berbagai metode. Tip dan Trik Jago Main Rubik  merupakan buku laris yang baru saja diterbitkan Gradien. 

 

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela