Mengintip Kesukesan CDBaby.com

Sebuah situs internet www.cdbaby.com telah dijual dengan nilai 22 U$ dolar. Modal awalnya, bisa dibilang hanya modal dengkul karena pendirinya menulis pemrograman sendiri dan tidak mempekerjakan orang lain. Ia hanya mengeluarkan biaya untuk membuat akun kartu kredit sebesar $1.000. Lahirnya CD Baby dimulai dari keinginan Derek Sivers menjual CD musik pribadinya secara online yang ketika itu harus melalui distributor besar.

Sayangnya, menurut Derek, distribusi musik adalah bisnis yang curang. Mendapatkan kesepakatan bisnis dengan agen distribusi sama sulitnya dengan mendapatkan kesepakatan bisnis dengan perusahaan rekaman. Distributor musik memiliki reputasi buruk karena sering mengambil ribuan CD, dan membayarnya setahun kemudian. Itu pun kalau dibayar, dengan sistem royalti. Sedangkan Derek, ia hanya seorang pemusik independen yang belum memiliki nama di dunia musik, untuk bekerja sama dengan distributor musik sangat mustahil bisa dilakukan.

Atas dasar itulah, akhirnya ia menegaskan diri untuk membuat toko onlinenya sendiri. Sekalipun dengan keterbatasannya mengenai pemrograman, ia membuatnya sendiri berbekal buku-buku petunjuk pemrograman web yang dibelinya. Hingga akhirnya ia memiliki toko onlinenya dengan alamat www.cdbaby.com yang menampilkan beberapa musik ciptaannya.

Tidak disangka, situsnya mendapatkan banyak tanggapan serius dari para musisi independen lainnya. Telepon dan e-mail berdatangan memberikan penawaran untuk bergabung dan minta dijualkan CD musik rekaman masing-masing. Dalam waktu sekejap, lima puluh musisi lagi turut bergabung. Derek merasa senang dirinya bisa membantu sesama musisi untuk menampilkan dan menjual CD rekaman mereka.

Hari demi hari, trafik situsnya semakin meningkat, hingga mencapai 2 juta pelanggan. Hingga pada akhirnya, Apple mengajaknya bekerja sama untuk menambahkan katalog CD Baby ke dalam iTunes Music Store. Derek memiliki koleksi lebih dari 500 ribu lagu yang juga telah diunggah di Rhapsody dan Napster. Prospek CD Baby semakin menanjak seiring dengan popularitasnya hingga banyak investor dan pebisnis berminat untuk membelinya.

Derek adalah seorang musisi idealis yang tidak mengejar keuntungan semata. Ia mengabdikan hidupnya bagi perkembangan CD Baby hanya demi sebuah tujuan lebih dari sekadar materi. Pun demikian, banyak hal terjadi pada proses perkembangan CD Baby ketika telah menjadi besar. Akhirnya, ia pun terpaksa harus menjual CD Baby, itu pun bukan demi uang. Lalu apakah sebenarnya yang mendorong Derek menjual CD Baby, padahal ia begitu menyayanginya? Bagaimana strateginya membangun CD Baby dari nol hingga bernilai puluhan juta dolar?

Temukan rahasia dan semua penjelasan jujurnya di dalam bukunya, Anything You Want terbitan Gradien Mediatama ini. Di dalam buku ini, ia menulis semua perjalanan hidupnya bersama CD Baby, mulai dari visinya, kesungguhannya, idealismenya, hingga prinsip-prinsipnya yang unik yang dapat mengundang rasa heran banyak orang.
 

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela