Ngocol Bareng Humor Tionghoa

 
Orang China tak hanya pandai berdagang. Soal seni beladiri hingga ilmu filsafat Timur, orang China pun cukup andal. Namun  bagaimana jika orang China menuturkan humor? Mungkin, bagi kita humor ala China hampir tidak terdengar bukan.

Sebenarnya di setiap kebudayaan, humor bisa kita ketemukan. Seperti halnya kita menemukan menu masakan yang berbeda-beda di setiap daerah. Humor rasa China dan humor ala Madura tentu berbeda.  Nah, bagaimana ciri khas humor China. Tan Mei Hwa  mencoba berkisah dalam bukunya Owe Mo Ngo Col. Buku ini berbonus SMS Gong Xie Fa Chai. Ya bisa untuk menyambut perayaan tahun baru Imlek lho.

Semisal, humor seputar prinsip bisnis orang China.

Rahasia Sukses Terbesar

Tahukah Anda rahasia sukses terbesar orang-orang China? Selain memegang teguh prinsip ekonomi “dengan pengeluaran sekecil-kecilnya harus mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya” ditentukan oleh motto hidup yang mereka terapkan.

Apakah itu???

“Hemat selagi kecil, pelit pada waktu muda, dan kikir pada masa tua.”

***

Kalau yang ini humor soal uang, judulnya Sudah Yakin.

Sung Sang bercakap-cakap dengan anaknya, Sing Seng. “Waktu seusia kamu, Papa menduga bahwa uang adalah segala-galanya dalam hidup ini…”

“Kalau sekarang, Pah?”

“Sekarang Papa sudah yakin!”

Masih soal uang, judulnya Membakar Uang-uangan.

Tahukah Anda mengapa orang China selalu membakar uang-uangan kertas ketika menjalankan ritual sembahyang untuk menghormati arwah para leluhur? Sebab bisa hong-yam (bahaya) kalau yang dibakar uang betulan, arwah para leluhur akan penasaran.

***

Selebihnya  humor-humor yang lain, bisa Anda simak dalam  Owe Mo Ngo Col yang diterbitkan oleh Gradien Mediatama.

 

 

 

 

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela