Pandangan Keliru Mengenai Tes Intelegensi

 
Berikut ini beberapa pandangan yang keliru mengenai tes intelegensi.

1. Tes inteligensi mengukur kemampuan bawaan

Sebenarnya tes intelegensi mengukur performa individu pada suatu tugas mental tertentu. Tugas-tugas dalam tes inteligensi dipengaruhi oleh pengalaman di sekolah dan lingkungan kehidupan sehari-hari. Kemampuan untuk menjawab soal-soal dan pertanyaan dalam tes inteligensi banyak bergantung pada pengalaman berbagai faktor lain yang dipelajari sehari-hari.

2. Prediksi tes intelegensi pasti akurat

Sebenarnya, hasil pengukuran itu tidak menjanjikan apa-apa kalau tidak didukung oleh faktor lain yang relevan. Harus pula diingat bahwa hasil tes inteligensi tidak dapat mencapai validitas yang sempurna. Jadi, hasil tes inteligensi tidaklah dapat menghasilkan prediksi yang akurat.

3. Skor tes intelegensi sangat reliabel
Pengukuran aspek nonfisik tidak dapat dilakukan secara sangat konsisten karena banyak faktor yang menjadi sumber kesalahan.

4. Tes intelegensi dapat mengungkapkan semua informasi mengenai kompetensi potensial dan aktual yang dimiliki siswa dan kemampuannya sebagai manusia.

Sebenarnya banyak deskripsi individu yang hanya dapat digali lewat observasi dan cara-cara mengungkapan yang lain. Evaluasi terhadap individu dengan hanya berdasarkan pada hasil tes akan menyesatkan. Di samping itu masih banyak aspek psikologis dalam diri manusia yang masih belum mampu diungkapkan oleh tes dan instrumen buatan manusia.

Keempat poin kekeliruan di atas ambil dari Cauchan (1978, dalam Azwar, 1996) dalam buku Super Tes yang disusun oleh Dra. M. Sutanto. Buku ini berisi 760 soal tes intelegensi yang terbagi dalam :

 
1. Kemampuan verbal yang meliputi Persamaan kata, lawan kata, identitas kata, perbendaharaan kata, dan pengetahuan umum,
 
2. Kemampuan numerik
Deret angka, aljabar, aritmatika

3. Kemampuan spasial
Menemukan gambar, membedakan gambar, bayangan cermin, dan bangun ruang.

4. Kemampuan Penalaran

Buku ini disusun berdasar spirit exercise makes perfect, yang membuat orang tergugah untuk belajar. Buku Super Tes; Panduan Praktis untuk Persiapan Tuntas ini bisa digunakan untuk kebutuhan persiapan dalam dalam tes CPNS, psikotes, tes potensi akademik, dan tes kemampuan umum. 

Buku kumpulan soal lengkap beserta jawaban ini terbitan Gradien Mediatama. Buku ini berbonus serba-serbi  intelegensi, tip persiapan menghadapi tes, dan alamat-alamat departemen.
 

booktalk jakbook festival