Selalu Ada Cerita Unik dari Kos-kosan

Sejak kedatangan Ita, si penghuni baru, banyak kejadian aneh hadir silih berganti di kos-kosan Diena. Misalnya, dering telepon di tengah malam, suara orang turun dari tangga, orang mengangkat telepon, dan dapur yang tiba-tiba bersih serta rapi di pagi hari. Pernah di suatu Subuh, Ita tiba-tiba muncul di depan kamar Diena, tanpa suara dan tujuan yang jelas. Usut punya usut, Ita punya kebiasaan tidur sembari berjalan di malam hari. Yang pasti cewek aneh berkulit pucat itu sukses menaburkan suasana horor di kos-kosan tersebut.

Masih ingat dengan lomba Nulis AKD (Anak Kos Dodol) bareng konco yang digelar beberapa bulan lalu oleh Gradien? Nah, cuplikan kisah ‘semi horor’ di atas adalah tulisan Diena Ulfaty yang tergabung bersama 14 pencerita seputar kos-kosan lainnya dan masuk seleksi redaksi Gradien. Aneka kisah soal kos-kosan ini terjilid dalam buku Anak Kos Dodol Bareng Konco. Buku ini selain untuk menghibur, juga bisa dijadikan panduan bagi anak kos, yang akan ngekos, dan jadi romantika untuk mantan anak kos.

Cerita di balik kos-kosan yang seru memang bukan hanya milik Dewi ‘dedew’ Rieka. Terbukti banyak khalayak yang pernah ngekos ikut partisipasi dalam lomba nulis bertema seputar kos-kosan. Gagasan kirim cerita seputar kos-kosan ke penerbit Gradien ini disambut dengan antusias. Sepertinya ajang kirim kisah kocak seputar kos-kosan menjadi perayaan tersendiri bagi para mantan anak kos.

Walaupun ada segudang kisah yang dikirimkan ke redaksi Gradien, tentu wajarlah bila redaksi memilih yang paling seru dan paling baik. Nah, setelah melalui seleksi yang ketat, akhiri buku ini diisi dengan 5 kisah terbaik, 10 cerita nominasi terbaik, dan 2 cerita dari m’Dedew. Hasilnya? Lebih ‘parah’ dari apa yang dikisahkan dalam Anak Kos Dodol sebelumnya. Gak percaya? Okelah kalo begitu  Silakan buktikan dan nikmati sendiri rupa kisah dalam buku setebal 176 halaman.

Buku ini tidak saja mengurai peristiwa lucu dari balik  indekosan di Jogja. Makassar, Malang, Bandung, dan negeri seberang pun turut serta. Eiit tunggu, ada sedikit bocoran, kamu akan berjumpa dengan kisah induk semang yang masih nampak kuat dan anggun di usia 80 tahun saat terkena jeritan. Atau kisah rambutan ropiahnya ibu kos, keong dan kadal, mati lampu pembawa malu, tiraiku malang tiraiku sayang, dan lainnya.

Ya, selalu ada cerita lucu di balik kos-kosan yang perlu didokumentasikan. Maka buku ini siap mengantarkan pembaca menuju petualangan yang seru dan lucu. Selamat tertawa dan khusus bagi mantan anak kos, selamat bernostalgia! 

 

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela