Siap dalam Tes Potensi Akademik

 
Jeli mengamati pola soal dan sering latihan adalah salah satu trik klasik sekaligus sarat mutlak yang perlu dilakukan bila Anda ingin lulus Tes Potensi Akademik (TPA). Sebab bila dilihat dari soal ke soal,  banyak tipe dan pola hal yang mirip.

Namun perlu hati-hati, sebab kemiripan soal dan jawaban malah bisa menjebak. Semisal pada soal dengan petunjuk pilihlah kata yang maknanya sama.

Akselerasi = …

A. Kecepatan
B. Percepatan
C. Waktu tempuh
D. Penyesuaian
E. Penambahan

Mungkin bagi yang tidak jeli atau terburu-buru menjawab soal akan memilih jawaban A. Padahal jawaban yang benar adalah B. Ya, selain faktor kejelian dan kecepatan menjawab dalam mengerjakan tes TPA, latihan dalam durasi waktu perlu untuk meminimalisir kepanikan dan menjaga ketenangan pikiran. Maka di sini persiapan mental butuh terus diasah.

Dalam buku Cara Mudah Lulus TPA terbitan Gradien Mediatama disebutkan persiapan mental. Misalnya, untuk menyakinkan diri, berlatih dan memahami sebanyak mungkin soal-soal TPA. Selain itu, usahakan Anda datang lebih awal ke tempat tes, dan saat mengerjakan usahakan dalam kondisi tenang. Kerjakan soal Anda anggap lebih mudah dahulu.

Dalam pengantar buku ini juga disebut bahwa TPA berpengaruh besar untuk menentukan kelulusan Anda di Perguruan Tinggi. Bagi Anda yang mengambil jurusan yang tidak mengadakan ujian keterampilan, porsi TPA adalah sebesar 30%, sedangkan pada jurusan dengan ujian keterampilan, gabungan TPA dan TBSP (Tes Bidang Studi Prediktif) adalah sebesar 70%.

Ada empat jenis TPA yang biasa diujikan, diantaranya: tes verbal, tes angka, tes logika, dan tes spasial/gambar.

Buku ini berisi soal dan pembahasan tuntas. Selain tip menghadapi tes TPA, buku ini juga berisi 2 paket STAN dan 2 Paket IT Telkom. Ayo raih nilai tertinggi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Cara Mudah Lulus TPA siap membantu dan ada 8 paket try out jitu ada di buku ini.

 

Terima kasih sudah melepaskan

dipaksa rela